Bagian – bagian Kulkas yang Perlu Kamu Tahu


Hampir semua rumah memiliki mesin kulkas. Mesin kulkas atau juga sering disebut sebagai lemari es (bahasa inggris : refrigerator) merupakan perlengkapan rumah tangga yang saat ini berangsur-angsur menjadi kebutuhan yang pokok dan wajib dimiliki. Kulkas kini menjadi sangat penting sebagai salah satu peralatan dapur, seperti kompor, mesin cuci, komputer ataupun televisi. Tujuan utama memiliki kulkas tentu saja untuk mengawetkan bahan makanan. Dan tentunya para Ibu rumah tangga akan sangat terbantu dengan adanya kulkas ini.

Pernahkah kalian perhatikan, biasanya kulkas ini dibagi menjadi 3 bagian. Ada bagian atas, tengah, dan bawah. Dan masing-masing bagian tersebut mempunyai sistem pendingin yang berbeda-beda.
Mari kita bahas satu per satu :

1. Kulkas bagian atas
Kulkas bagian atas biasa dikenal sebagai freezer. Dan sesuai dengan namanya, maka bagian atas ini digunakan untuk menyimpan bahan yang membutuhkan suhu sangat dingin. Bahkan pada ruang bagian atas ini, suhu bisa mencapai 0 derajat Celsius, dimana pada suhu tersebut air bisa berubah menjadi es (membeku). Karena itulah jika ingin membuat es batu, maka gunakan ruang freezer ini.

2. Kulkas bagian tengah
Kulkas bagian tengah biasa disebut refrigerator. Di bagian tengah ini biasanya memiliki ruang yang paling luas dibandingkan yang lainnya. Untuk suhu yang ideal pada ruang kulkas bagian tengah ini biasanya di setting mulai dari 5 derajat Celsius. Suhu harus 50 C ya, hal ini dilakukan agar mikroba tidak bisa berkembang biak. Dan agar diperhatikan, walaupun kulkas bagian tengah ini memiliki ruang yang luas, tapi jangan sampai kamu menyimpan bahan makanan sampai penuh (full). Karena hal ini tentunya akan menyebabkan aliran sirkulasi udara menjadi terhambat. Sehingga penyebaran dingin tidak bisa merata.

3. Kulkas bagian bawah
Sedangkan kulkas bagian bawah disebut sebagai chiller. Kulkas bagian bawah ini sebenarnya masih menyatu dengan kulkas pada bagian tengah. Hanya saja, biasanya ruang pada bagian bawah ini diberi sekat pemisah dari ruang refrigerator. Pemberian sekat khusus ini bertujuan untuk memberikan kondisi temperatur yang lebih dingin dari refrigerator. Karena lebih dingin dari refrigerator, makanya ruang bagian bawah kulkas ini biasanya digunakan untuk menyimpan material yang segar seperti sayuran dan buah-buahan.

Itu tadi gambaran secara garis besar tentang bagian-bagian kulkas. Lain waktu kita akan bahas mengenai komponen-komponen pada mesin kulkas.  Dan ingat, jika mesin kulkas tiba-tiba rusak, jangan sekali-sekali nekat buat bongkar sendiri ya kalau gak tahu tentang mesin kulkas. Sebaiknya panggil jasa service kulkas yang sudah memiliki alat perkakas tangan khusus dan secara profesional mereka akan coba memperbaiki agar kulkas ditangani dengan tepat. Karena kalau kalian sembarangan dalam memperbaiki kulkas sendiri, bisa-bisa mesin kulkas malah makin rusak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »