Cara Mudah tanpa Biaya untuk Hitung Usia Kehamilan

Setelah menikah tentu ingin hamil agar bisa memiliki bayi dan mewujudkan sebuah keluarga kecil yang bahagia. Buat Anda yang baru pertama kali hamil tentu belum memahami dengan fasih apa yang perlu dan akan dilakukan. Anda bisa Hitung usia kehamilan agar bisa melakukan aktivitas sesuai dengan usia kandungan. Ini cara mudah tanpa biaya yang bisa dilakukan.

Kalkulator Online
Teknologi sudah semakin canggih. Tidak hanya memudahkan Anda dalam mempersiapkan perlengkapan bayi, tetapi juga membantu menghitung usia kehamilan. Ada kalkulator online yang bisa digunakan secara mudah untuk mengetahui usia kehamilan. Anda tidak perlu datag ke dokter untuk mengetahuinya.

Anda bisa langsung ke google dan mencari kalkulator. Setelah ketemu langkah dilakukan adalah memasukkan tanggal, bulan, dan hari pertama juga hari terakhir Anda terjadinya haid. Jangan lupa juga untuk memasukkan kondisi siklus haid Anda. Nanti tautan tersebut akan proses untuk mendapatkan hasil usia kehamilan Anda.

Rumus Kalender
Cara hitung usia kehamilan dengan rumus kalender ini dimulai dengan mengetahui terlebih dahulu siklus haid. Catatan penting agar akurat perhitungan usia kehamilan dengan rumus kalender hanya digunakan untuk Anda dengan siklus haid normal. Waktu siklus haid yang normal adalah 28 sampai dengan 30 hari.

Cara memulai perhitungan adalah dengan mengetahui hari pertama dari haid terakhir Anda. Setelah dapat tambahkan angka 7 pada tanggalnya. Pada bulan kurangkan 3 dan pada tahun tambahkan satu. Setelahnya Anda akan dapatkan tanggal perkiraan lahir yang sesuai perhitungan.

Puncak Rahim
Cara untuk menghitung usia kehamilan berikutnya dengan melihat dari kondisi pucak rahim. Semakin besar usia janin posisi pucak rahim akan semakin tinggi. Cara ini merupakan cara perhitungan manual yang bisa dilakukan dengan bertahap.

Dimulai dengan meraba bagian puncak rahim yang posisinya akan terasa menonjol di bagian perut. Anda hitung jarak mulai dari tulang kemaluan sampai puncak rahim. Bisa mengukurnya dengan meteran untuk lingkar perut atau sejenisnya. Ketika mendapatkan jaraknya sejauh 17 cm berarti usia kehamilan Anda adalah 17 minggu.

Mendeteksi Gerakan Janin
Anda juga bisa menghitung usia kehamilan dengan mendeteksi dari gerakan janin. Hanya saja cara ini tidak 100% akurat. Tahap untuk menerapkan cara ini hanya dengan merasakan gerakan dari janin yang ada di dalam perut. Jika terasa ada pergerakan janin berarti usia kehamilan sudah memasuki 18 sampai 20 minggu.

Ketetapan usia ini berlaku untuk Anda yang baru pertama kali hamil. Bagi yang hamil kedua jika sudah merasakan ada gerakan janin maka usia kehamilan Anda adalah 16-18 minggu. Ini hanya usia dugaan yang berada di antara rentang tersebut. Bisa saja kurang atau lebih karena perhitungan ini tidak 100 % akurat.

Perkalian 4
Anda juga dapat mengetahui usia kehamilan dengan menggunakan sistem perkalian 4. Caranya tanggal saat ini dikurangi dengan tanggal hari pertama haid terakhir lalu dikali 4. Misalnya tanggal sekarang adalah 20 Desember 2018 – 19 Oktober 2018.

Cara menghitungnya (tanggal hari ini dikurangi tanggal HPHT) x 4. Kurangkan tanggal sama tanggal dan bulan dengan bulan. Setelah itu baru dikali 4. 20-19 sama dengan 1 berarti 1 hari. Desember kurang Oktober sama dengan dua berarti 2 bulan. Lalu kalikan jumlah bulan dengan 4. Hasilnya dapatlah 8. Masukkan angka 1 hari tadi. Jadi 8,1 minggu.

Anda bisa memilih cara mana yang diyakini memiliki keakuratan saat akan hitung usia kehamilan. Apa pun caranya tentu untuk membuat Anda melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kelahiran bayi nantinya dengan optimal. Anda juga bisa mulai belajar ilmu parenting dengan baik di parentingclub.co.id.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »