Ciri-ciri Kontraksi, Tanda Melahirkan Sudah Dekat

Secara umum tanda-tanda kontraksi pada umumnya tidak dapat dilihat oleh siapa pun, melainkan hanya dirasakan langsung oleh ibu hamil mendekati proses persalinan. Cici-ciri kontraksi sebagai Tanda melahirkan juga perlu Anda perhatikan. Lantas apa saja sih ciri-ciri kontraksi tersebut? Berikut ciri-ciri kontraksi, sebagai tanda persalinan sudah dekat.

Mengalami Sakit Pada Punggung
Rasa nyeri hebat yang terjadi pada punggung untuk beberapa hari berturut-turut biasanya menjadi indikasi utama bahwa Anda akan segera melahirkan. Pada umumnya rasa nyeri ini disertai dengan pecahnya air ketuban dalam jumlah yang banyak secara tiba-tiba. Jika Anda sudah mengalami hal yang satu ini maka Anda perlu berhati-hati.

Sakit dan Nyeri Pada Vagina
Pada usia kehamilan yang sudah tua, biasanya mulut vagina ibu hamil sudah mulai terbuka dengan sendirinya. Otot-otot yang berada di sekitar rahim juga mengalami penekanan yang disebabkan oleh kepala bayi yang sudah mulai menurun. Apabila rasa nyeri ini terus berulang secara intensif maka hal ini dapat menjadi pertanda bahwa Anda akan segera melahirkan.

Perut Terasa Keras dan Kaku
Saat kehamilan sudah memasuki trimester ketiga biasanya perut ibu hamil sudah mulai kaku dan mengeras. Perut yang terasa kaku dan mengeras ini dapat menjadi pertanda bahwa bayi sudah mulai melakukan pergerakan kepalanya menuju mulut rahim. Itulah yang menyebabkan mengapa perut ibu hamil terasa kaku dan keras serta disertai rasa mulas yang hebat.

Keluar Lendir Dari Bagian Vagina
Mendekati masa persalinan, waspadalah ketika Anda menemukan lendir yang keluar dari bagian vagina. Pada awalnya lendir tersebut akan keluar sedikit demi sedikit. Namun lama kelamaan akan semakin deras seperti ari biasa. Pada umumnya hal ini terjadi dalam beberapa hari menjelang proses persalinan. Hal ini merupakan tanda melahirkan yang umum dialami.

Keliarnya Flek dan Cairan Dari Vagina
Apabila bagian vagina Anda mengeluarkan flek darah merah segar yang disertai dengan cairan, hal ini merupakan pertanda bahwa Anda akan melahirkan dan harus segera ditangani. Pada umumnya flek ini terjadi sebagai indikasi terjadinya kontraksi dalam rahim yang menandakan bahwa air ketuban  Anda akan segera pecah dalam beberapa jam ke depan.

Buang Air Kecil Terus Menerus
Biasanya pada trimester ketiga frekuensi buang air kecil akan lebih meningkat. Hal ini disebabkan karena janin dalam rahim melakukan dorongan pada perut bagian bawah atau pada area kandung kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil tidak bisa menahan buang air kecil secara berulang-ulang. Kontraksi ini dapat dijadikan sebagai pertanda bahwa persalinan sudah dekat.

Pergerakan Janin Sudah Mulai Berkurang dan Melambat
Sebelum janin lahir, pada umumnya mereka akan melakukan beberapa kontraksi unik yang jarang diketahui oleh ibu hamil. Namun mendekati masa persalinan pergerakan janin ini sudah mulai melambat dan berkurang. Pasalnya pada waktu ini janin sedang sibuk mengatur posisi jalan keluarnya untuk segera melakukan kontraksi pada rahim ibu hamil.

Usus besar Ikut berkontraksi
Ketika sudah mendekati masa persalinan, ternyata tak hanya rahim ibu hamil saja yang mengalami kontraksi. Menjelang persalinan, usus besar ibu hamil juga mengalai kontraksi. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon prostaglandin pada ibu hamil yang menyebabkan dinding usus menebal dan menyebabkan rasa nyeri yang hebat.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kontraksi sebagai tanda melahirkan sudah dekat. Namun perlu untuk diingat cepat atau tidaknya proses persalinan biasanya juga dipengaruhi oleh kebiasaan ibu hamil itu sendiri selama awal masa kehamilan. Meskipun begitu tak ada salahnya Anda mengetahui tanda-tanda melahirkan agar lebih waspada nantinya. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »