Jenis-Jenis Kaldu yang Bisa Digunakan pada Banyak Makanan

Selain kaldu ayam, sebenarnya ada banyak jenis yang lain yang bisa Anda gunakan pada banyak jenis makanan seperti sup, semur atau saus. Cairan yang beraroma dan berasa seperti didihan tulang, potongan daging hingga sayuran ini memang bisa menyedapkan makanan. Apa saja jenis dari Kaldu yang lainnya selain yang terbuat dari ayam yang umum digunakan?

1. White Broth
Pertama adalah white broth atau yang cairan kuah yang berwarna putih. Cairan yang satu ini dibuat dari tulang yang tidak dipanggang dan tidak berwarna kecoklatan. Jenis yang satu ini biasanya terbuat dari tulang ayam namun bisa juga digantikan dengan tulang unggas lainnya. Selain dari tulang, kadangkala dalam proses pembuatannya juga dicampur dengan daging.
Jenis yang satu ini memiliki warna kekuningan dan rasanya juga ringan. Biasanya, jenis ini digunakan untuk dasar sup seperti pengganti air. Untuk membuatnya sendiri, Anda bisa memasak bahan utama yang dicampurkan bawang bombay, wortel, seledri dan daun bawang.

2. Brown Broth
Lalu aa brown broth yang memiliki dasar warna cokelat. Jenis yang satu ini biasanya dibuat dari daging sapi, daging sapi muda aau tulang yang dibakar sebelum diolah sehingga menjadi kecoklatan. Proses karamelisasi dalam pembuatannya memberikan warna yang cokelat dan rasa yang khas pada jenis yang satu ini/

Biasanya, ketika penggunaan jenis ini ditambahkan pasta tomat agar rasanya jadi lebih nikmati. Jika Anda ingin membuatnya sendiri, bisa merebus bahan utamanya selama 8 hingga 12 jam sebelum akhirnya jadi.

3. Fish Broth
Kaldu ikan juga merupakan satu jenis yang bisa Anda gunakan untuk berbagai jenis makanan. Sesuai namanya, jenis yang satu ini dibuat menggunakan tulang ikan tanpa lemak yang berasal dari ikan halibut. Untuk membuatnya, Anda harus merebusnya selama lebih kurang 45 menit bersama daun bawang, jamur hingga seledri.

Untuk penyajian, biasanya jenis yang satu ini disajikan untuk hidangan laut saja. Pengembangan dari jenis yang satu ini juga bisa Anda temukan, yakni dalam bentuk fumet. Fumet sendiri adalah cairan rebusan ikan yang ditambah dengan anggur putih.

4. Court Bouillon
Lalu ada court boullon yang merupakan jenis yang berasal dari sayuran. Jenis ini ketika dibuat biasanya akan ditambahkan anggur, jus lemon hingga cuka yang digunakan untuk mengekstrak rasa. Biasanya, tambahan tersebut diberikan ketika rebusan sudah mulai mendidih.

Untuk penyajian, jenis yang satu ini sangat cocok untuk berbagai jenis sajian. Mau yang terbuat dari bahan utama binatang buruan, ikan hingga kerang-kerangan, Anda bisa menggunakan jenis yang satu ini untuk mempersedap rasanya.

5. Glaze
Terakhir ada glaze. Jenis yang satu ini adalah esktrak dari cairan rebusan cokelat, putih dan yang terbuat dari ikan. Konsistensi dari jenis yang satu ini biasanya akan kental dan seperti jeli. Untuk pembuatannya, setiap jenis cairan rebusan tersebut dibuat dengan ekstraksi daging, tulang dan sayuran dengan baik.

Untuk setiap satu liter air ditambahkan setengah kilogram tulang, daging dan sayuran. Semuanya didihkan lalu disaring dalam wadah yang bersih. Setelah itu, dinginkan sebelum disimpan. Setelah dingin, Anda harus membuang lemak yang mengapung di atasnya sehingga jadilah glaze itu.
Nah, Anda mau buat sendiri berbagai jenis kaldu di atas? Kalau tak mau repot, Anda bisa membeli saja. Tak usah repot dan bingung mau membeli di mana. Kunjungi saja lemonilo.com dan temukan berbagai produk yang Anda inginkan. Semua tersedia di sini dengan lengkap!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »